HARGA ANJLOK, GANJAR WAJIBKAN ASN BELI CABE LANGSUNG DARI PETANI

181,203 views | 2,021 likes
4 months ago

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengambil langkah cepat untuk mengatasi persoalan merosotnya harga cabai di Jawa Tengah. Langkah cepat itu dilakukan dengan cara memborong cabai langsung dari petani dan mewajibkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng untuk membeli cabai-cabai dari para petani itu. Sebanyak 10 ton lebih cabai merah keriting didatangkan oleh Ganjar di halaman Kantor Gubernuran, Senin (14/1). Cabai-cabai itu diborong langsung dari petani asal Demak, Purbalingga dan Kabupaten Semarang. Nilai ekonomis yang ada pada transaksi itu sebesar Rp200 juta lebih. Persoalan harga cabai lanjut Ganjar sebenarnya tidak terlalu murah di pasaran. Hanya saja, para petani menjual hasil cabai kepada para tengkulak dengan harga yang sangat murah.

"Sebenarnya harganya tidak turun amat, tapi karena tengkulaknya kebanyakan, jadi harganya anjlok. Saya kemarin sudah cek di Ungaran, harga cabai keriting di pasaran Rp20.000, pedagang membelinya Rp15.000, sementara harga jual dari petani hanya Rp9000 bahkan ada yang Rp7000. Ini kan yang tertawa para tengkulak itu, sementara petani terus merugi," tegasnya.

Pihaknya lanjut Ganjar sudah melakukan pengecekan di lapangan terkait anjloknya harga cabai yang dikeluhkan petani. Ternyata di lapangan, tim lanjut Ganjar menemukan bahwa luasan tanam petani cabai semakin banyak, sehingga terjadi over suplay. Pembelian cabai sebanyak 10 ton tersebut lanjut Ganjar merupakan tindakan sementara. Gerakan itu dilakukan agar terjadi perubahan harga di pasaran. Kartu Tani lanjut Ganjar adalah solusi paling tepat untuk mengendalikan kestabilan harga dan komoditi pertanian di pasaran. Kartu tani sebenarnya tidak hanya bicara soal pupuk, namun juga merupakan data terkait semua aktivitas pertanian di Jawa Tengah. Tak hanya itu, dari kejadian anjloknya harga cabai, Ganjar menemukan ironi yang sangat menggeletik. Ternyata, banyak petani yang tidak tahu harga cabai di pasaran, sehingga mau saja dibeli murah oleh para tengkulak.

Related News

KESULITAN MENDAPAT PUPUK, GANJAR ANTAR PETANI KE AGEN
1 year ago
by Merdeka Jawa Tengah
Tips Agar Cabe berbuah banyak Dan Lebat
5 months ago
by INFO RAGAM PERTANIAN
BLUSUKAN KE PASAR DOROWATI, GANJAR MAIN BURUNG DARA
2 years ago
by Merdeka Jawa Tengah
SUNGAI BKT SEMARANG BANJIR AKIBAT SAMPAH YANG MENGGUNUNG
5 months ago
by Merdeka Jawa Tengah